Sadulita Hemel-Hemel


Hemel-hemel, lahap banget mangane, weteng mblendhug ora digagas, penting wareg. Tanggane mati kaliren ya rasah digagas, penting wareg. Awas yen lara untune, ga isa nggo ngunyah panganan. Hemel-hemel, awak sehat merga mangan, mangan apa wae, mangan panganan, mangan banyu, mangan angin, mangan kahanan, mangan turu lan mangan alas, mangan lahan, mangan kali, mangan samodra, mangan gunung, lan sing gawe giris mangan sepadha-padhaning manungsa.
Apakah Semar suka makan? Kenapa kata HEMEL-HEMEL dipakainya menjadi ciri khas?


MBHEEeeee hehehehehe,,,dudu perkara panganan mase. Perkarane mung kapan isa mangan, lan kapan menikmati makan lan sepira sing dipangan. Ehhehehehe, Mangane mung sak dulitan, ora sak gunung anakan, ora kurang olehe mangan, tur ya ora nyisa.

Sadulitan wae wis cukup, wis berfungsi, wis kanggo gawe tur kepara turah. Aneh yen wong srakah dho mangan sak akeh-akehe, tur ga duwe wareg, sing dipangan kepara ora mung panganan, nanging kelebu manungsa dha dipangani. Makane diarani buta, buta betah nganiaya mring sepadha-padha. Lali purwa duksina, lupa asal usul, lali sanak lali kadang, lali rowang pawong mitra, kabeh dianggep panganan, lan kabeh papan dianggep panganan.

Sadulitana wae wis cukup, kenapa harus banyak? Supaya bisa dilihat lebih dari yang lainya? Supaya bisa keliatan wah, supaya bermandikan segala sanjungan. Yang jlas alesan paling mendasar adalah supaya bisa korupsi, makan darah daging kawan, sahabat, rakyat, dan minimal sesama manusia. Kasus korupsi beraawal dari mana? Semua bermula dari dermawan, rakyat utun, rakyat yang Cuma mengiyakan semua yang dilakukan oleh pemerintahnya, rakyat yang hanya mengikuti semua aturan. Asok bulu bekti glondhong pengareng-pangareng, bahkan atur putri binoyong, ga hanya jadi dalam cerita wayang, atau negeri dongeng. Itu realitas hidup, dimana semakin mamah, semakin hemel-hemel, maka mengharuskan manusia menjadi lupa daratan, lupa segala sesuatunya, dan maunya jadi dipertuan agung, jadi yang super, pengin dianggap penolong dan anehnya justru memanfaatkan situasi dengan lebih hemel lagi membenarkan segala cara.

Sadulitan wae cukup. Itu kata Semar, selebihnya untuk famili, untuk kawan, untuk tetangga. Sadulitan wae cukup, cukup tur murabaki kabeh sanak famili, kadang mitra karo, sahabat, teman karib, dan seluruh alam. Ambil sedikit dari alam, dan gunakan sedikit dibagi bersama, ga harus rata, hanya dicatat saja harus ga ada yang kelaparan, itu sudah cukup. Jangan banyak-banyak, nanti alam mengamuk dan sinergi alam berkurang, rante makananya mati, bencana baru muncul dan akibatnya manusia sendiri yang rugi. Itu pesan Semar dalam perkataanya.

Semar bukan dari mesir, atau umarmoyo yang banyak didebatkan dimedia maya ini. Semar murni karya pujangga jawa, yang ada sejak jaman pra hindu budha. Sudamala adalah cerita yang awal sendiri membawakan tokoh Semar, dan cerita ini bukanlah cerita ramayana ataupun mahabarata. Cukup sadulitan waee, aja nggege mangsa, ngaku-aku kang dudu darbeke, apa maneh kuwi sebenarnya adalah melanggar hukum, baik itu hukum negara maupun hukum alam. Sedulitan wae cukup, yen diparingi sedulitan aja njur njaluk tambah, dadine ndak ngakah-akah serakah lali purwa duksina, lali asal usul, dan lupa apa yang sebenarnya menjadi jatahnya.


Semua foto diambil dari GOOGLE image dengan kata kunci SEMAR.

Komentar