Latihan

Apa itu latihan? Pekerjaan siapa? Apa semua orang butuh? Dari tingkatan pekerjaan paling ringan, hingga pekerjaan yang membutuhkan banyak energi, baik fisik maupun non fisik, mereka semua butuh latihan. Entah itu pekerjaan yang merugikan atau menghasilkan untung yang banyak. Bagi saya, merokok itu juga pekerjaan, nongkrong itu juga pekerjaan, bahkan sekedar merayu ceweknya saja itu juga bisa disebut dengan pekerjaan, apalagi merayu teman, tetangga atau saudara untuk mendapatkan hutang. Bagaimana tidak, toh semua itu memerlukan energi, baik materi maupun non materi.
Seorang bayi, belajar mengenal kata-kata, belajar mengucap, belajar berjalan itu juga bekerja. Sejak bayi kita sudah disuruh untuk bekerja dan bekerja, bahkan hingga nanti pikun masih bekerja melatih rasa ingat dan melawan rasa lupa.

Latihan perlu dalam sebuah pekerjaan, sebagimana bayi berlatih mengucap, sewajarnya orang tua wajib bersabar dan tekun melatihnya. Sistem ini sebenarnya bisa diaplikasikan dalam model pekerjaan apapun. Toh manusia tak pernag luput dari kesalahan, entah apapun itu jabatan dan pekerjaannya. Namun yang sering terjadi adalah manusia dianggap sempurna dan manusia ga mau dibilang ga sempurna, itu bagi saya adalah kesalahan. Belajar lagi dong untuk mengakui kesalahan, dan belajar lagi untuk legowo (menerima, memaafkan) kesalahan orang lain. Itu baru kita masuk dalam wilayah menjadi manusia seutuhnya.

Eit nanti dulu, jangan asal percaya pada kenthir lho, ini hanya tulisan orang kenthir, yang kadang membuat tulisan untuk membela diri dan lari dari kesalahan. Bisa jadi semua orang itu jarang mrlakukan kesalahan dan dilarang melakukan kesalahan. Eit, katanya Tuhan itu maha Ampun, kan kita manusia, bukan Tuhan, jadi ya ga salah dong kalau ga ada maaf, hihihihi. Iya kenthir disini hanya ingin mengatakan bahwa untuk membela diri kadang harus banyak berdalih suapaya kesalahan yang dilakukan terlihat tabu.

Akhir kata, orang hidup ya harus nikmati hidup, jangan hidup itu menjadi masalah hidup. Biar hidup itu lebih hidup ya cari masalah yang hidup, jangan asal masalah dijadikan hidup. Hihahuheho.

Komentar